KURIKULUM

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jawa Timur mempunyai 4 bidang konsentrasi, yaitu :

1. Jurnalistik

2. Public Relations

3. Penyiaran / Broadcast

4. Periklanan

 

SILABUS

 

1.     Agama Islam

Mata ajaran ini akan diawali dengan pemahaman tentang pengertian Agama Islam secara utuh dan menyeluruh. Selain keimanan akan dibahas pula ikhwal ibadah yaitu kaidah yang menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan/khaliknya, antara manusia dengan sesamanya, dan antara manusia dengan makhluk lain dan alam. Selain diarahkan keterbinanya kesadaran untuk melaksanakan kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, pembahasannya juga tertuju ke arah kewajiban-kewajiban manusia kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negaranya. Berkaitan dengan materi di atas, ditekankan pula pembahasan sifat umum ajaran Islam tentang keserasian dan keseimbangan antara pola hidup dan ukhrowi.

2.     Agama Khatolik

Mata ajaran yang menjadi bagian program MKDU ini mengupayakan peningkatan pemahaman mahasiswa akan konsep beriman dalam gereja, penghayatannya tentang misteri gereja, penggumulannya pada tugas dan kewajiban gereja. Dalam mata ajaran ini tidak hanya paham gereja tentang struktur kepribadian manusia saja yang akan diungkap, akan tetapi juga pahamnya tentang masyarakat adil dan makmur akan ikut dipaparkan dan dibahas.

3.     Agama Kristen

Mata ajaran yang menjadi bagian MKDU dimaksudkan untuk membantu mahasiswa agar dapat bertumbuh dan membentuk diri pribadi seutuhnya sebagai ciptaan baru dalam Yesus Kristus. Akan dikaji dan dibicarakan dalam mata ajaran ini antara lain. Dasar-dasar Agama Kristen, pengertian tentang dunia dan manusia, dasar dan akibat, rencana keselamatan dan penggenapannya, iman dan pengabdian serta tanggung jawab dalam dunia modern.

4.     Agama Hindu

Masa ajaran yang termasuk dalam program MKDU ini akan mengajak para mahasiswa untuk memperdalam dan penghayalan keagamaan yang mantap, serta mempertebal keimanan dan mengandalkan kebaktian kepada Sang Wasa/Tuhan YME. Mata ajaran ini para mahasiswa diharapkan akan menguasai pengertian mengenai sumber dan ruang lingkup Agama Hindu takwa berorientasi pada asas spiritual namun pragmatik.

5.     Agama Budha

Pemahaman dan penghayatan serta pengamalan Pancasila khususnya sila Ketuhanan Yang Maha Esa. Dharma dan kebaktian untuk mempertebal iman (Soddha) dalam menjaga kelangsungan hidup beragama, bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

6.  Pancasila

melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memahami substansi falsafah Pancasila berikut perkembangannya menjadi ideologi yang memenuhi syarat sebagai kaidah fundamental negara. Pembahasan-pembahasan yang dikembangkan dalam mata pelajaran ini meliputi pengertian Pancasila, UUD 1945 Kedudukan dan Fungsi Pancasila, Pancasila sebagai sistem, filsafat, dan ideologi Pancasila.

7. Pengantar Ilmu Komunikasi

Membahas pengertian konsep-konsep dasar dan proses komunikasi di dalam kehidupan manusia, serta ruang lingkup dan perkembangan pokok ilmu komunikasi sebagai gambaran awal mengenai ruang lingkup pengkajian dan penerapannya. Juga membahas konsep komunikasi, penerimaan dan penyampaian pesan komunikasi interpersonal sampai dengan komunikasi massa.

8. Pengantar Sosiologi  

Melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang berbagai konsep sosiologik seperti kehidupan bermasyarakat, norma atau kaidah sosial, sanksi dan proses sosialisasi, pengelompokan sosial dan bentuk struktural yang dijadikannya, stratifikasi sosial yang melahirkan status, pembagian peranan sosial, proses interaksi sosial, dan perubahan sosial (berikut persoalan sebab serta akibat).

9. Pengantar Antropologi

Mata ajaran ini akan mengedepankan persoalan budaya dasar, kehidupan masyarakat manusia. Budaya yang memiliki dimensi ideal normatif, seta terungkap dalam bentuk simbol-simbol, akan dibahas bertalian dengan asalnya, pemeliharaan seta kelestariannya proses perubahannya, dan fungsinya yang hakiki sebagai sarana pelestari kehidupan manusia. Dalam manifestasinya sebagai pola perilaku, budaya,  akan dibahas dan dikedepankan dalam kontek-kontek kehidupan kekeluargaan dan kekerabatan, stratifikasi sosial, kehidupan politik dan ekonomi, serta dalam kontek kehidupan seni, religi dan magis.

10. Pengantar Ilmu Politik  

Dalam mata ajaran ini para mahasiswa diharapkan akan mampu memahami konsep-konsep dasar ilmu politik. Untuk mencapai tujuan para mahasiswa akan diajak mempelajari konsep-konsep berikut ini: politik, pemerintahan, kekuasaan, sistem politik (demokrasi, totaliter, autokrasi) dan sistem ekonomi (kapitalisme dan sosialisme) serta struktur dan peranan politik.

11. Bahasa Inggris I

Setelah mempelajari mata ajaran ini diharapkan mahasiswa bisa membaca literatur dalam bahasa Inggris. Materi yang akan disajikan reading, comprehension, vocabulary exercise, structure exercise translation, organizing ideas, dengan penekanan pada kemampuan membaca literatur dalam bahasa Inggris.

12. Bahasa Inggris II

Mata ajaran ini merupakan kelanjutan dan bermaksud mendalami apa yang telah diperoleh pada mata ajaran Bahasa Inggris I. Mata ajaran ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa lebih lanjut agar lebih menguasai kemampuan membaca bahan-bahan kepustakaan ilmiah di bidang ilmu-ilmu sosial (sesuai dengan kekhususan menurut program studinya) yang tertulis di dalam Bahasa Inggris.

13.     Kewarganegaraan

Mata ajaran Kewarganegaraan ini akan membahas masalah-masalah wawasan ketahanan nasional bangsa Indonesia dalam rangka usaha mewujudkan cita-cita nasional. Pembahasan dilakukan dua cara pendekatan yang telah diserasikan, ialah pendekatan kesejahteraan dan pendekatan keamanan. Dalam mata ajaran ini akan pula menuntut para mahasiswa ke arah pemahaman politik strategi nasional Indonesia yang di dalam pengamanannya tidak dapat dipisahkan dari fungsi politik strategi Pertahanan Nasional sebagaimana telah dijabarkan dalam satu sistem komprehensif yang disebut sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta.

14. Ilmu Kealaman Dasar

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip IPA umum, cara bagaimana terjadinya fenomena alam,mengumpulkan informasi kejadian Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan para mahasiswa dapat menemukan berbagai sikap, nilai harga diri dan sifat kemanusiaan yang sangat bermanfaat untuk alam untuk dianalisa, dan disimpulkan, perkembangan alam pikiran manusia.

15. Dasar-dasar  Manajemen

Manajemen pada dasarnya adalah proses perencanaan pengorganisasian (termasuk penataan personil), pengarahan dan pengendalian usaha manusia yang tengah mendayagunakan sarana dan prasarana, demikian rupa sehingga tujuan organisasi itu dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Mata ajaran ini dimaksudkan untuk mengkaji dari berbagai sudut pandang pengetahuan dan pengertian dasar mengenai kegiatan-kegiatan manajemen itu, mulai dari fungsinya yang pra pelaksana (perencanaan) sampai ke fungsinya yang pra pelaksanaan (kontrol).

16. Pengantar Statistik Sosial

Mata ajaran ini memberikan dasar-dasar pengetahuan statistik kepada para mahasiswa, dimulai dari deskriptif dengan tujuan mengantar mahasiswa ke arah kemampuan menyusun data. Akan dipelajari beberapa pengetahuan dasar tentang statistika dan pengertian-pengertian dasar yang terpakai di dalamnya (induksi, generalisasi, populasi, sampel, obyektifitas). Kemudian disajikan hal matrik data dan variasi (yang kontinu dan yang diskrit), dan proses pengukuran berikut skala-skala yang dihasilkan (yang nominal, ordinal, interval, dan rasio).

17. Pengantar Psikologi

Mata kuliah ini menjelaskan mengenai perilaku manusia baik yang tampak dan tidak tampak, bagaimana terbentuknya perilaku, perilaku bawaan dan perilaku belajar, beberapa prinsip belajar dan perilaku yang tidak terlihat.

18. Pengantar ilmu Hukum.

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Ilmu Hukum dan aspek-aspek yang ada kaitannya dengan sistem hukum yang berlaku di Indonesia agar mahasiswa memahami Sistem Hukum Indonesia. Sebagai salah satu dasar Ilmu Pengetahuan yang menunjang penerapan Ilmu Komunikasi.

19. Dasar-Dasar Jurnalistik

Mata kuliah ini membahas pengertian Jurnalistik, pengertian pers, masalah pokok dalam pers dan jurnalistik. Berita, pengertian Berita, Medium komunikasi sebagai media kegiatan jurnalistik, perbedaan karakteristik tulisan media massa (cetak dan elektronik).

20. Dasar-Dasar Humas

Membahas pengertian, konsep-konsep dasar, fungsi, ruang lingkup, perencanaan, dan proses kegiatan humas dalam upaya menciptakan citra positif dan hubungan baik suatu organisasi dengan publik sasaran baik eksternal maupun internal.

21. Pengantar Periklanan

Matakuliah ini membahas tentang pengertian iklan, fungsi iklan dalam  marketing, analisis program dalam promosi, perspektif perilaku konsumen,dan segmentasi pasar,  proses komunikasi dalamiklan, pemilihan media dan rencananya.

22. Widya Mwat Yasa

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pendidikan Widya Mwat Yasa sebagai ciri khas UPN “Veteran”. Dengan mata kuliah ini dapat membentuk mental kepribadian dan mahasiswa sebagai generasi muda kader pemimpin bangsa masa depan yang memiliki jati diri kental dengan nilai kejuangan berwawasan kebangsaan, berjuang tanpa pamrih, dengan bersenjatakan ilmu untuk membantu membela bangsa dan negara.

Topik-topik yang dibahas antara lain: Sejarah UPN “Veteran” dengan semangat kejuangan Widya Mwat Yasa, pemahaman tentang jati diri, eksistensi dari kebenaran dan nilai Widya Mwat Yasa, kecintaan kepada bangsa dan negara.

23. Komunikasi Antar Pribadi

Membicarakan pengertian komunikasi antar pribadi yang meliputi definisi intensional, transaksional, prosesual, dan simbolik; analisis prediksi hubungan; perbedaan antara KAP dan non-KAP, fungsi KAP, pola dan strategi kendali komunikasi, penanganan konflik dalam KAP, strategi dan ekskalasi hubungan. Selain itu maka kuliah ini juga membahas karakteristik komunikasi interpersonal, teori-teori komunikasi Antar Pribadi, model-model komunikasiAntar Pribadi, komunikasi non verbal dan efektivitas komunikasi Antar Pribadi.

24. Komunikasi Organisasi.

Membahas teori-teori organisasi dan aplikasinya, pemahaman organisasi, pendekatan komunikasi organisasi, proses komunikasi organisasi, riset tentang komunikasi organisasi.

25. Komunikasi Massa

Membahas tentang konsep dasar komunikasi massa, karakteristik komunikasi massa, teori-teori media, efek, khalayak serta dalam konteks media massa, budaya dan masyarakat.

26. Teori Komunikasi

Membahas model-model, teori-teori dan pendekatan-pendekatan dalam ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan social yang bersifat multidisipliner. Mata kuliah ini bertujuan memahami perkembangan teori komunikasi dasar, jenis-jenis teori-teori komunikasi, model-model dan berbagai penelitian di bidang ilmu komunikasi

27. Psikologi Komunikasi

Mata kuliah ini menguraikan tentang karakteristik manusia dilihat dari aspek psikologis dalam konteks komunikan, sistem dan proses komunikasi intrapersonal, psikologi komunikasi interpersonal, kelompok dan massa, psikologi komunikator, psikologi pesan.

28. Perbandingan sistem Pers.

Membahas tentang sejarah pers, teori pers, system pers baik yang berlaku di Indonesia maupun di dunia, peranan pers dalam pembangunan,dll

29. Penulisan Berita dan Feature

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian berita, konstruksi berita, klasifikasi berita, penulisan lead, pengambilan isi, teknik menutup berita, teknik pengumpulan data, penulisan lead, pengambilan isi, teknik evaluasi dan seleksi berita. Untuk feature akan dibahas tentang pengertian dasar feature, fungsi feature dalam media massa, bentuk lead dalam feature, model pengembangan tulisan feature, penutup feature, dan dasar pengetahuan dalam media elektronika. Mata kuliah ini diikuti dengan praktikum penulisan berita dan penulisan feature.

30. Bahasa Indonesia

Mata ajaran Bahasa Indonesia mengajak mahasiswa membahas bersama masalah-masalah yang berhubungan dengan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia. Mahasiswa setelah selesai mengikuti mata pelajaran ini akan mampu membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara dengan penalaran yang benar serta didukung dengan penggunaan ejaan dan kalimat baku. Dengan kemampuan seperti itu para mahasiswa diharapkan akan mengatasi kesulitan-kesulitan yang umum ditemui dalam pembuatan karya-karya ilmiah yang disyaratkan agar menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

31. Kepemimpinan

Dalam mata ajaran ini para mahasiswa akan mempelajari berbagai  pengertian tentang kepemimpinan, berikut peranannya dalam setiap usaha penetapan dan pencapaian tujuan. Topik-topik yang dipandang menarik antara lain akan meliputi ikhwal kepemimpinan dalam politik dan setiap usaha terorganisasi lainnya, fungsi dan peranannya, bentuk dan gavanya, hubungan kepemimpinan dan kekuasaan, pengaruh situasi terhadap kepemimpinan.

32. Komunikasi dan Budaya

Membicarakan kaitan antara komunikasi dan kebudayaan, signifikansi studi komunikasi dan budaya dalam konteks situasi di Indonesia serta faktor-faktor kebudayaan yang mendasari dan mempengaruhi proses komunikasi.

33. Sosiologi Komunikasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempelajari fenomena komunikasi massa secara sosiologis. Ini berarti mencoba untuk melihat fenomena tersebut secara menyeluruh dari sisi yang kritis. Termasuk memahami teori-teori media massa dan masyarakat serta penerapannya dalam menganalisa fenomena media massa akan dijelaskan secara lengkap dan detail.

34. Teknologi Komunikasi

Membalas garis besar perkembangan teknologi komunikasi, bentuk-bentuk teknologi komunikasi, dan karakteristik masing-masing, manfaat serta implementasinya dan implikasi terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik.

35. Kewirausahaan.

Mata kuliah ini lebih berorientasi praktis, pata tahap awal mahasiswa mendapatkan pemahaman tentang teori-teori kewirausahaan, manajemen, melihat peluang pasar, mengembangkan potensi diri dan lingkungan, produksi, memasarkan sampai dengan evaluasi produk

36. Hukum dan Etika Media Massa.

Membahas  masalah- masalah  hukum  media, delik  pers,  Undang-  undang Pers,  Kode etik jurnalistik dengan segala konsekuensi dan permasalahannya.

37. Metode Penelitian  Komunikasi I

Melalui mata pelajaran ini para mahasiswa diharapkan akan dapat memperoleh bakal pengetahuan metodologi yang memadai dalam bidang penelitian sosial yang empirik. Akan mempelajari pengertian-pengertian penelitian dan dasar-dasar metodologinya, model-model, (yang dikembangkan menurut tujuan dan kegunaannya), persiapan design pengujiannya, penarikan sampelnya, pemilihan teknik koleksi datanya dan pembuatan instrumen untuk observasi dan pengukuran, pengenalan lapangan dan berbagai permasalahan yang dikemukakan di situ, dan akhirnya juga hal pemilihan, teknik pengolahan data serta metode untuk menganalisa data.

38. Fotografi

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan mahasiswa tentang teknik-teknik-teknik fotografi dan menjadikan foto sebagai media untuk menyampaikan pesan komunikasi. Mata kuliah ini juga membahas tentang pengertian fotografi, sejarah singkat fotografi, anatomi dan fisiologi kamera, pencahayaan dan penyinaran, film, komposisi, depth of field; pengertian filter dan penggunaannya.

39. Strategi dan Perencanaan PR

Hubungan masyarakat dengan manajemen, pengertian perencanaan, proses perencanaan Humas, krisis manajemen, model identifikasi masalah, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, analisa problem komunikasi, dasar penulisan scenario, penyusunan program PR.

40. Perilaku Konsumen

Pengetahuan tentang perilaku konsumen sangat penting dalam menjalankan bisnis, sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat mengetahui kecenderungan yang ada dalam pasar suatu produk, memprediksi perilaku konsumen maupun melakukan segmentasi pasar sasaran berdasarkan perilaku konsumen. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang model perilaku konsumen, faktor utama yang mempengaruhi perilaku pembelian, seta proses keputusan pembelian.

41. Manajemen Periklanan.

Membahas bagaimana mengelola biro iklan/ advertising agency, divisi-divisi   iklan, fungsi-fungsinya, account servce, creative, media, finance, dan research,periklanan sebagai alat promosi, tujuan iklan dalam pemasaran, positioning,  kode etik periklanan, perbandingan iklan luar negeri dll.

42. Komunikasi Organisasi.

Membahas teori-teori organisasi dan aplikasinya, pemahaman organisasi, pendekatan komunikasi organisasi, proses komunikasi organisasi, riset tentang komunikasi organisasi.

43. Jurnalistik Penyiaran.

Mata kuliah ini menguraikan pengertian Jurnalistik Radio dan Televisi, Karakteristik Jurnalisme Radio dan Televisi, Fungsi dan Tanggungjawab Jurnalisme Radio dan Televisi, Pengolahan dan Teknik Penulisan Untuk Radio dan Televisi, Teknik Pengucapan, Teknik Penulisan Singkatan, Teknik Penulisan Tanda dan Angka”.

44 .Etika Kehumasan

Mempelajari teori dan falsafah landasan etika dan profesi PR sebagai suatu tinjauan aksiologi komunikasi dan PR; Kode Etik PR dan organisasi profesinya; citra diri; konsep diri; dan pengenalan diri; pengertian dan luas lingkup serta tujuan profesi, etika dan kepribadian, pengembangan dalam profesi; pengelolaan waktu, protokoler sebagai wahan profesi, dan etika dalam wawancara.

45. Etika dan Filsafat Komunikasi                                                     

Mata kuliah ini membahas beberapa sudut pandang dalam menelaah fenomena komunikasi yang mencakup aspek-aspek etika, logika, epistemology, ontologism, aksiologis, serta telah konstruksi prepatik lambing, statement, peristiwa dan citra komunikasi.

46. Komunikasi Pemasaran Terpadu

Memberikan pemahaman tentang konsep pendekatan secara menyeluruh dalam pengelolaan program komunikasi dan pemasaran, serta pemanfaatan berbagai fungsi dan peranan strategi komunikasi untuk menciptakan ramuan program promosi yang komprehensif, optimal, efektif dan efisien.

47. Magang

Teori dan sekaligus mempraktekkan di Instansi, Lembaga Perusahaan baik pemerintah maupun swasta untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kerja serta keterampilan praktis kepada mahasiswa melalui praktek kerja di perusahaan. Diharapkan mahasiswa mampu menyamakan dan membandingkan antara pemahaman teoritis akademis dan kegiatan praktis. Pada masa akhir magang mahasiswa diwajibkan menyusun penulisan laporan dan mempertahankannya. (Persyaratan magang adalah sertifikat PP dan K MABA.

48. Desain komunikasi Visual.

Mata kuliah ini membahas konsep dasar desain komunikasi visual, elemen-elemen desain,prinsip komposisi, prinsip simiotik dalam desain, ilustrasi, tipografi, logo, logotype, layout, iklan dan poster dll.

49. Perencanaan kreatif Periklanan.

Membahas mengenai pengertian kreatif, proses kreatif, pengembangan pesan,   pengembangan strategi kreatif, eksekusi kreatif, penulisan naskah iklan/copy  writing, produksi iklan dan evaluasi pesan iklan.

50. Media Komunikasi Film.

Membahas pemahaman film sebagai suatu kajian komunikasi, aspek bahasa film, warna film, makna dan pemaknaan film, kritik film, pandangan film dari positivistic, behavioralism, dan kaitannya dengan teori-teori social, culture studies dll.

51. Manajemen Event

Mata kuliah ini membahas tentang kegiatan Public Relations yaitu bagaimana PR mengorganisasikan sebuah event yang berkaitan dengan tujuan kerja PR. Event-event tersebut berhubungan dengan publisitas yang dilakukan oleh PR. Diantaranya penyelenggaraan Seminar, Lokakarya, Pameran, Launching Produk dan lainnya.

52. Produksi Media Public Relations

Mata kuliah ini mengarahkan pada mahasiswa untuk lebih terampil di dalam memproduksi berbagai media yang dibutuhkan dan kegiatan humas, seperti: media cetak, media audio, dan media audio visual.

53. Metode Penelitian Komunikasi II

Mata kuliah ini membahas berbagai metoda dan teknik penelitian komunikasi yang mencakup penelitian sumber, media, pesan, khalayak, dampak dan jaringan komunikasi, secara khusus membahas metode-metode khas penelitian dan kajian komunikasi baik kuantitaif dan kualitatif.

54. Public Speaking

Membicarakan tentang teknik-teknik penyampaian gagasan secara verbal dalam berbagai forum komunikasi. Topik bahasan meliputi teori dan model-model  komunikasi yang berkaitan dengan retorika dan public speaking, pengenalan khalayak, tata cara dan peragaan teknik penyampaian gagasan.

55. Kuliah Kerja Nyata

Mata ajaran ini merupakan suatu praktek di lapangan dan diintegrasikan ke dalam kegiatan-kegiatan darma ketiga perguruan tinggi ialah darma pengabdian. Melalui mata ajaran ini pula mahasiswa akan belajar bekerja dan berkarya secara mandiri (secara individual ataupun dalam kelompok) dalam kerangka pemikiran interdisiplin untuk pengembangan aspek kognis, afeksi, dan psikomor dirinya sebelum meninggalkan kampus sebagai seorang sarjana.

56. Produksi Penyiaran Televisi 

Melatih mahasiswa memproduksi acara siaran TV dari mulai perencanaan materi acara, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara.

57. Produksi Penyiaran Radio.

Melatih mahasiswa memproduksi acara siaran radio mulai dari perencanaan acara siaran, penulisan script sampai ke produksi dan penyiaran acara.

58. Riset dan Audit Humas

Mata kuliah ini diarahkan untuk membekali mahasiswa pengetahuan  praktis berkaitan dengan riset evaluasi program kehumasan. Banyak cara yang dilakukan untuk menilai keberhasilan program PR salah satunya yakni dengan mengevaluasi isi media terutama berita-berita yang ada kaitannya dengan program kehumasan yang sedang dan sudah dilakukan. Mata kuliah ini juga memberikan wawasan, pemahaman dan keterampilan untuk melakukan audit program humas, termasuk melakukan evaluasi input, output dan outcome program humas.

59. Komunikasi dan Gender.

Membahas relasi perempuan dan pria dalam masyarakat , gender dalam konstruksi media massa,pengaruh produk-produk budaya popular,   reprensentasi perempuan,konsepsi feminisme,maskulinitas, gay, lesbian, mk.ini lebih menekankan analisislangsung terhadap produk-produk media  seperti film, acara radio, acara televise, berita media massa, iklan dll

60. Manajemen Media Massa

Membahas pengelolaan penerbitan media massa dengan penekanan pada manajemen pemasaran, baik media cetak, audio, maupun audio visual. Topik bahasa meliputi konsep manajemen dan pemasaran yang diterapkan untuk perusahaan media massa.

61. Jurnalistik On-Line

Membahas tentang proses reporting, produksi dan distribusi berita melalui internet yang sering disebut berita elektronik. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengenal, mengerti dan mampu mengaplikasikan berita elektronik dalam jurnalistik online.

62. Seminar Ilmu Komunikasi.

Membahas permasalah komunikasi di berkomunikasi bagai bidang kajian ilmu  komunikasi, seperti iklan, humas,jurnalistik, penyiaran, komunikasi inter  personal, organisasi dan massa, pembahasan ditekankan pada aspek teoritis,konseptual, metodologi dll.

63. Komunikasi Sosial pembangunan.

Membahas posisi dan dinamika komunikasi dalam pembangunan, kemampuan    komunikasi dalam menunjang pembangunan, komunikasi  sebagai factor integral dan  penentu dalam pembangunan, kendala dalam pembagunan baik psikologis, metodologis dll.

64. Politik Ekonomi Media

Kuliah ini mengkaji pengaruh-pengaruh kekuatan ekonomi pra produksi isi media. Kajian pasar, dan Man yang mempengaruhi organisasi media akan merupakan bagian dari suatu pendekat komprehensif terhadap isu-isu ekonomi yang mempengaruhi pendanaan operasi, dan perkembangan media massa.

65. Eksternal dan Internal PR

Mata kuliah ini diarahkan untuk membekali mahasiswa tentang pengertian hubungan internal, dinamika kelompok, manajemen, komunikasi, program hubungan internal, pendekatan hubungan manusia, manajemen konflik. Selain itu juga tentang publik eksternal diantaranya membahas tugas dan peranan humas dalam membimbing hubungan dengan pemerintah, pentingnya membina hubungan dengan PT dan bentuk-bentuk hubungan dengan pemerintah, pentingnya membina pets, serta membina hubungan dengan pelanggan dan investor.

66. Depth News dan Investigative News

Membahas tentang pengertian depth news dan investigative news, fungsi serta teknik pengembangan tulisan, kerja sama Tim dan Depth News, investigasi, dan teknik pengumpulan data. Selain itu juga membahas tentang teknik-teknik penulisan bertopik khusus seperti tulisan ilmiah popular, kriminalitas dan lain-lain.

67. Manajemen Public Relations

Membahas aspek-aspek pengelolaan humas, mulai dari langkah-langkah perencanaan humas, program-program humas untuk jangka waktu pendek dan panjang, pengorganisasian, pengenalan khalayak, penentuan media massa, hubungan dengan pers, dan pengawasan serta evaluasi pelaksanaan humas.

66. Komunikasi Bisnis

Dalam rangka memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan fungsi komunikasi untuk mendukung operasi organisasi bisnis, maka dalam mata kuliah ini akan diajarkan beberapa pokok bahasan seperti proses komunikasi, lingkungan komunikasi bisnis, merancang strategi komunikasi dalam bisnis, mengkomunikasikan visi organisasi, mengkomunikasikan budaya korporasi, mengkomunikasikan perubahan, komunikasi interdepartmental dan pemilihan media komunikasi

67. Komunikasi Politik

Pengajaran mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pengertian dan model komunikasi politik; komunikator politik, perkembangan dan pemikiran komunikasi politik; bahasa politik, semiotic, dan pragmatic; identifikasi dan karakteristik persuasive politik; opini politik, sosialisasi dan partisipasi.

68. Jurnalistik Media Cetak

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar teoritis dan praktis jurnalistik media cetak, pengertian dan macam-macam berita, teknik-teknik berita, teknik-teknik wawancara, Bahasa Indonesia jurnalistik dan kode etik jurnalistik.

69. Skripsi

Mahasiswa ditugaskan membuat skripsi sebagai suatu syarat penyelesaian studi program sarjana ilmu komunikasi di bawah bimbingan seseorang staf pengajar yang ditunjuk.

1 Comment

One thought on “KURIKULUM

  1. like this

Leave a comment

Blog at WordPress.com.