Laboratorium merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan perkuliahan di Progdi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Berbekal pengetahuan teoritis dari bangku kuliah, mahasiswa juga membutuhkan laboratorium yang dapat digunakan sebagai ruang berkarya untuk mengembangkan keahlian dan kreatifitas dalam bidang-bidang komunikasi. Selaras dengan Program Studi Ilmu Komunikasi yang memiliki empat bidang konsentrasi; salah satunya periklanan, maka sudah selayaknya keberadaan laboratorium periklanan sangatlah penting. Guna mendukung dan memfasilitasi mahasiswa untuk belajar, berkarya dan mengembangkan kemampuan kritisnya dalam bidang periklanan.
Genap 20 tahun berdiri dan guna melengkapi 4 laboratorium yang telah ada sebelumnya (yaitu lab. radio, fotografi, tv, dan film) Progdi Ilmu Komunikasi mempersembahkan laboratorium periklanan yang bernama Creating Advertising. Laboratorium periklanan ini digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan yang terkait dengan mata kuliah periklanan dan praktikum. Peresmian laboratorium periklanan yang dirangkai dengan seminar kreatif iklan dan pameran karya mahasiswa, dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 16-17 April 2014 di Ruang Penida Noor, FISIP.
Peresmian laboratorium periklanan dilaksanakan pada hari Rabu, 16 April 2014 mulai jam 08.00 wib dengan secara simbolis membuka box yang berisikan miniatur segala bentuk iklan out-door yang dilakukan oleh Dekan FISIP, Dra.Hj.Suparwati,MSi didampingi oleh Wadek I, Wadek II, Kaprogdi dan bapak ibu dosen progdi Ilmu komunikasi.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan seminar kreatif iklan yang menghadirkan praktisi dan akademisi periklanan yang akan membahas tentang “Menciptakan Kreatifitas di Dunia Iklan”. Tujuan dari seminar ini adalah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara menciptakan iklan yang kreatif, kepada mahasiswa ilmu komunikasi dan mahasiswa umum yang tertarik pada bidang periklanan. Pembicara pada seminar tersebut adalah dosen DKV UPN Veteran Jawa Timur, bapak Aditya Rahman Yani; dan praktisi periklanan yang juga menjadi pengurus dari P3I Jawa Timur, bapak Eko Suhariyadi.
Untuk lebih memeriahkan kegiatan tersebut, pameran iklan dari mahasiswa progdi Ilmu Komunikasi yang dipamerkan selama 2 hari. Pameran yang bertajuk karya kreatif iklan meliputi; iklan Cetak (poster, brosur, branding iklan (in door) dan billboard, neon box, baliho, pylon (out door)), dan iklan Audio Visual (iklan tv, animasi, dan iklan layanan masyarakat)
Foto-foto rangkaian kegiatan seminar kreatif iklan

Narasumber 1, pak Aditya Rahman Yani mengajak para peserta untuk menggali ide kreatif dalam pembuatan sebuah iklan

Narasumber 2, pak Eko Suhariyadi sharing tentang pengalaman beliau dan memberikan gambaran tentang perkembangan dunia periklanan saat ini