Jika Anak Muda Ngomongin Politik

Selasa, 25 Juni 2013 tepat pada jam 09.00 WIB Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UPN “Veteran” Jawa Timur Surabaya telah mengadakan Acara Dialog Publik denagn Tema Youth, Media and Politic dengan narasumber Inne Sudjono, Senior News Presenter di RCTI yang di moderasi oleh Ferlita dari News Presenter MHTV. Acara ini dipenuhi oleh sekitar tiga ratus lima puluh mahasiswa dari berbagai jurusan.

Inne Sudjono

Inne Sudjono, news presenter RCTI

Dialog Publik merupakan rangkaian acara dari Communications Carnival 2013 yang berlangsung selama satu pekan, mulai tangal 24 hingga 29 Juni 2013. Secara garis besar, Communicaton Carnival bertujuan agar mahasiswa lebih mengetahui sepak terjang para profesional di dunia Broadcast dan Media interaktif pada masa kini, agar mereka termotivasi untuk menemukan passion-nya dalam dunia kerja kelak.

Inne Sudjono berinteraksi dengan peserta dialog publik

Inne Sudjono berinteraksi dengan peserta dialog publik

Acara dengan tema Youth, Media, and Politic yang dipresentasikan oleh Inne Sudjono pada intinya bertujuan untuk memberikan edukasi politik kepada para young voter agar mau untuk memberikan suaranya pada pemilu yang akan diadakan pada 4 April 2014 kelak. “Walau kalian cuma satu orang, tapi jika jumlah kalian dikalikan dengan seluruh Indonesia maka kalian telah berkontribusi besar untuk menentukan masa depan bangsa melalui pemimpin yang kalian pilih. Jadi jangan golput dong!” Ujar Inne Sudjono.

Ramainya peserta Dialog Publik 'Youth, Media & Politic'

Ramainya peserta Dialog Publik ‘Youth, Media & Politic’

 Anak muda di Indonesia saat ini sekitar 450 juta jiwa, hal ini terkait dengan tingkat natalitas Indonesia yang tinggi sehingga membuahkan banyak kaum muda dengan pemikiran yang kritis namun konstruktivis bagi perkembangan demokrasi, politik dan pemerintahan Negara. Oleh karenannya young voter diperhitungkan sebagai pemilih yang sangat potensial. Di sinilah media memainkan peranannya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi politik kepada mereka agar golput alias tidak memberikan suara aspirasi pada pemilu tidak menjadi pilihan mereka.

Pertanyaan menarik muncul dari salah seorang peserta yang mempertanyakan mengapa perlu diadakan sosialisasi dan edukasi politik pada anak muda untuk memilih dalam pemilu tahun ini apabila kesadaran politik mereka saja tidak ada? “Menurut saya, golput adalah pilihan dan itu merupakan bagian dari kesadaran politik” ujar Saddam mahasiswa dari progdi Hubungan Internasional.

Salah satu peserta Dialog Publik

Salah satu mahasiswa peserta dialog publik yang memberikan pandangannya tentang ‘apa korelasi antara anak muda dan pemilu?’

News Presenter cantik itu menjelaskan bahwa yang namanya orang diberikan pendidikan itu seharusnya dari tahap tidak tahu hingga menjadi tahu, dari belum sadar hingga menjadi sadar oleh karena itu sosialisasi dan edukasi politik perlu diberikan oleh media agar mereka tahu bahwa suara mereka mampu membawa perubahan pada Negara, kalau ada yang mau golput ya silahkan. Tapi mereka tidak punya hak untuk mengkritisi pemerintahan karena mereka tidak ikut menyumbangakn suaranya. “Jadi besok pemilu jangan golput ya!” beberapa kali Inne Mengigatkan kepada peserta dialog.

Acara yang berlangsung selama 3 jam tersebut dimeriahkan oleh Fara yakni seorang penyanyi wanita bersuara surgawi dari Ahmad Dhani School Of Rock yang membawakan lagu “Girl On Fire” pada sesi opening dan “Selamat Jalan Kekasih” pada sesi closing yang menyita applause dan perhatian perhatian audience di ruangan itu.

Murid ADSOR

Vocal performances dari murid Ahmad Dhani School of Rock Su

 Banyak dari mahasiswa yang mengharapkan acara seperti ini dilaksanakan sejak lama, karena selain menarik acara ini juga memberikan banyak pengetahuan dan juga poin tambahan bagi yang aktif mengikuti jalannya Dikusi Publik tersebut. Selaku salah satu dosen pengajar mata kulaih Komunikasi & Gender, sekaligus coordinator acara, Ibu Ade Kusuma menyatakan “Semoga, rencana untuk diadakannya Communication Carnival di tahun berikutnya dapat direalisasikan. (Insan Kamil Putra C.U – 1043010040)

Dialog Publik

Dosen-dosen Ilmu Komunikasi bersama Inne Sudjono dan Direktur Utama MHTV

Categories: Umum | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: