Kinne Komunikasi Dalam Serangkaian Kegiatan Komunitas Film Indie di Surabaya

Kinne Komunikasi merupakan salah satu Laboratorium Progdi Ilmu Komunikasi yang dapat digunakan sebagai wadah mahasiswa yang memiliki minat untuk belajar dan berkarya bidang film. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Kinne Komunikasi tidak hanya sebatas di lingkungan kampusnya sendiri, melainkan juga menjalin kerjasama dengan komunitas film lainnya se-Surabaya.

Kinne Komunikasi bekerjasama dengan 5 komunitas film indie di Surabaya, yaitu Sinematografi Unair, Click ITS, Inviniti IAIN, Mafias Stikom, dan KOPI AWS Stikom menyelenggarakan pemutaran film indie. Acara ini dilaksanakan untuk menjalin hubungan baik dan mengapresiasikan karya-karya mereka secara bergantian.

Pemutaran dan diskusi film dari 6 komuniktas indie di Surabaya tersebut, untuk pertama kalinya diselenggarakan pada tanggal 9 Maret 2012, di Sinematografi Unair. Pada acara tersebut, Kinne Komunikasi menampilkan film berjudul “ Dua Jari” yang disutradarai oleh Andi Robson. Pemutaran Film Komunitas selanjutnya dikoordinir oleh Inviniti IAIN dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2012, bertempat di Aula Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel. Pada acara yang berjudul “Roda Film” ini, Kinne Komunikasi menampilkan film “Greedy Jack” karya sutradara Rizky Juniartama.

Film “Greedy Jack” yang bercerita tentang kisah Jerapah dan temannya ini, juga hadir pada acara pemutaran film komunitas ke-3, yang diselenggarakan oleh Click ITS. Acara yang bertemakan “CUT! Break for Movies” ini diselenggarakan di ITS pada hari Rabu, tanggal 28 Maret 2012. Selain pemutaran dan diskusi film, terdapat juga sajian musik akustik yang turut meramaikan acara tersebut.

Rangkaian kegiatan pemutaran film komunitas berlanjut pada bulan April. Teman-teman dari KOPI AWS Stikosa menjadi tuan rumah pemutaran film komunitas “Sik Asyik” yang diselenggarakan pada tanggal 3 April 2012. Pada kesempatan itu, Kinne Komunikasi menampilkan 2 film terbaiknya yang berjudul “The Boss” dan “Forgotten”. Film “The Boss” merupakan film karya teman-teman Kinne Komunikasi yang diproduksi pada tahun 2011. Film ini bercerita tentang kerjasama yang apik antara geng high class dan geng low class dalam memproduksi film pendek. Geng low class mampu memberi semangat pada geng high class bahwa membuat film pendek itu mudah karena banyak cara yang minimal bisa menjadi maksimal untuk sebuah film. Secara umum, film ini diharapkan akan bisa memberi motivasi bagi penonton untuk berani dan terus berkarya membuat film.

Pada tanggal 12 April 2012, tibalah saatnya bagi teman-teman Kinne Komunikasi untuk menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan pemutaran film komunitas se-Surabaya. Acara yang diselenggarakan di ruang Bromo Gedung Rektorat UPN Veteran Jatim ini mengangkat tema “Movie Move”. Film romansa berjudul “Selection” menjadi film andalan dari Kinne Komunikasi pada pemutaran film komunitas ke-5 ini. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh tampilan band akustik dan band indie Ska Banton.

Mafias Stikom menjadi tuan rumah pada acara penutupan rangkaian kegiatan pemutaran film komunitas di Surabaya, pada tanggal 18 April 2012. Acara yang diberi judul “Sesarengan Kumpul”, menghadirkan 18 film terbaik karya teman-teman dari 6 komunitas. Kinne Komunikasi dengan bangga menampilkan 3 film karya terbaiknya yang berjudul “Nggak Cukup Satu”, “The Boss”, dan “Dua Jari”.

Selanjutnya, kerjasama antara Kinne Komunikasi dan 5 komunitas film indie di Surabaya akan berlanjut dengan melakukan produksi besar antar komunitas film indie se-Surabaya. Kita tunggu karya besar mereka😀

Categories: Kinne Komunikasi | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Kinne Komunikasi Dalam Serangkaian Kegiatan Komunitas Film Indie di Surabaya

  1. KOMPETISI VIDEO (AGF-BC Community Entrepreneurs Challenge Wave 3)

    Halo Kawan-kawan,

    ingin ikutan dalam kompetisi video yang diselenggarakan oleh British Council bersama Arthur Guinness Fund!!

    kami membuka kesempatan bagi kamu penyuka film Indie dan Dokumenter, terbuka untuk pemula lohhhhhh..
    6 kelompok finalis yang beruntung akan mendapatkan:
    a. Pelatihan dan bimbingan praktisi film dan televisi selama proses pembuatan film documenter singkat.
    b. Kamera HD yang digunakan saat pembuatan film dokumenter akan menjadi milik masing-masing kelompok.
    c. Film dokumenter singkat hasil karya para finalis akan ditayangkan dalam malam penganugerahan juara Community Entrepreneurs Challenge Wave III.

    Selain mendapatkan itu;
    1. Juara 2 akan mendapatkan 3 iPad untuk masing-masing anggota kelompok (satu kelompok terdiri dari 3 anggota.)
    2. Juara 1 akan mendapatkan hadiah bernilai total hingga IDR 50,000,000.
    batas penerimaan aplikasi sampai tanggal 31 July 2012. untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.britishcouncil.org/id/indonesia-entrepreneurship-cec.htm
    atau email ke sri.nalarani@britishcouncil.or.id

    kami tunggu karya kamu

    salam dan sukses selalu,
    Sri Nalarani
    British Coucnil – Indonesia

  2. smoga terlaksana,kita kangen karya kalian.
    congrats.
    salam

  3. banyak juga ya komunitas film indie di sby, thx infonya,
    ini ada info ttg lomba film indie, mungkin tertrik,

    Bagi pecinta film indie, mungkin tertarik dengan event lomba ini,
    pendaftaran akan mulai dibuka agustus 2013,
    https://www.facebook.com/takeandactioncompetition?fref=ts
    http://www.youtube.com/user/LombaFilmTACTIC
    tactic.web.id
    #kenapaBuatFilm

  4. Punya karya film indie ?
    Segera daftarkan karyamu di Festival Film Indie Lampung 2015 pada
    1 Januari s.d 15 April 2015.
    Untuk informasi lebih lanjut kunjungi http://lampungfilmfestival.info/

    Contact Person :
    (Pandu) 0896-7276-2289
    (Gusti) 0857-6807-8118

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: